Selasa, 29 Oktober 2013

ALL ABOUT LIBRARY


Welcome library~~
Perpustakaan, ahaa sudah pasti selalu berhubungan dengan buku-buku. Yes, i love book !

Oke aku akan berbagi pengalaman tentang perpustakaan.

Berawal dari SD, dulu aku hobi banget baca majalah Bobo. Biasa, anak kecil selalu tertarik dengan bacaan-bacaan yang disertai gambar-gambar lucu dan menarik. Jadi aku tertarik banget baca majalah Bobo, sampe-sampe langganan beli majalahnya, haha. Dulu waktu aku SD, perpustakaan di skeolahku tergolong kecil, jumlah bukunya juga sedikit, jadi aku kurang senang berkunjung ke sana.


Oke selanjutnya masa SMP. Saat SMP aku maniak banget baca buku, mulai dari komik hingga novel. Perpustakaan SMPku dulu termasuk lengkap banget buku bacaannya, apalagi banyak novel-novel remaja gitu, jadi mengimbangi hobi membacaku. Hampir setiap istirahat aku selalu berkunjung ke perpustakaan, saking seringnya aku ke sini, penjaga perpustakaannya hafal banget sama aku, haha. Setiap ada buku baru aku selalu menjadi pembaca pertama. Sebelum buku diletakkan di rak, aku sudah diberi kabar terlebih dahulu kalau ada buku baru. 

Kemudian masa SMA. Aku bersekolah di SMA favorit di kotaku. Tapi sayang sekali, untuk ukuran sekolah favorit perpustakaan sekolahku kala itu tergolong kurang menarik. Hobi membacaku mulai mengendur ketika aku duduk di bangku SMA. Di perpustakaan jarang sekali ada buku non fiksi, isinya hanya buku-buku pelajaran dan kamus-kamus. Siapa yang tertarik dengan buku semacam itu. Ah aku jadi malas berkunjung ke perpustakaan. Selain itu perpustakaannya terletak di sekolah bagian belakang, harus berjalan lumayan jauh yang bikin makin males juga, hehe.

Karena tidak ada fasilitas yang memadai, akhirnya hobi membacaku benar-benar kandas. Aku benar-benar tak suka membaca buku. Hingga aku masuk kuliah, aku masih saja tak suka membaca buku. Kemudian memasuki semester 5, aku mulai hobi galau. Mulai bingung mencari obat galau yang paling mujarab, akhirnya aku mulai mencoba hobi lamaku yang sempat kandas, aku mulai membaca lagi. Ketika membaca rasa-rasanya beban pikiran sejenak terlupakan. Awalnya aku hanya pinjam buku milik teman, karena kondisi keuangan yang mepet dan memang eman-eman untuk membeli buku. Kemudian aku juga dikenalkan dengan blog. Benar-benar perpaduan yang sangat serasi, membaca dan menulis. Setelah itu aku mulai mudah mengatasi kegalauanku. Galau ? Ga la yau, haha. Jadi ingat postingaku tempo hari : Keseimbangan membaca dan menulis.

Aku semakin menikmati hobiku. Membaca dan menulis. Aku mulai menyisihkan sebagian uang untuk membeli buku, dan aku sudah tidak merasa eman-eman lagi. Aku menjadi gila buku, setiap ada buku bagus menggoda, rasa-rasanya aku tak bisa mengendalikan. Kalo udah liat buku kece nampang, duh dompet pengen segera ngebuka aja :D

Dan kini aku mulai memiliki koleksi buku yang terpajang di kamarku. Rasanya seperti ada kebanggaan tersendiri ketika aku bisa melihat buku berjajar di kamarku. Kini aku justru bercita-cita bisa mendirikan perpustakaan sendiri. Ah semoga saja suatu saat nanti bisa terwujud, aamiin.

Alhamdulillah kemarin ketika aku melaksanakan KKN, aku bersama teman-temanku berhasil mendirikan perpustakaan mini di desa tempatku KKN. Ya walaupun tidak seberapa, setidaknya aku suka ketika banyak orang hobi membaca. Ada istilah mengatakan "membaca adalah jendela dunia". Dengan membaca kita sebenarnya bisa menjelajahi seisi dunia, dengan membaca kita akan memperoleh banyak pelajaran dan pengetahuan.

Oke mungkin cukup sekian aku berbagi pengalaman. I love reading, i love book, i love library !!

Artikel ini diikutsertakan dalam Library Giveaway


6 komentar:

  1. waah nice post kakaaak..
    aku jdi pengen nih bikin perpstakaan pribadi di rumah :))
    salam EPICENTRUM mampir ya lagi kakaak :))

    BalasHapus
  2. Makasih bang :))
    bikin perpustakaan pribadi gampang kok, dimulai dr buku yang sedikit ntr lama-lama ketagihan beli buku :D
    okeee. *menuju TKP epicentrum*

    BalasHapus
  3. "ketika aku melaksanakan KKN, aku bersama teman-temanku berhasil mendirikan perpustakaan mini di desa tempatku KKN"

    --> Wah, jadi keinget jaman KKN. Dulu aku juga pernah ngerasain itu. Satu kelompok KKN, ada 23 teman yang berbeda jurusan, dan aku satu-satunya mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Kata mereka pas proker kita 'menyulap' perpustakaan SMP (satu-satunya sekolah tingkatan paling tinggi di daerah itu) terlaksana, teman-teman pada bilang, kurang lebih begini; "Ternyata ribet juga ya buat administrasi perpus, kirain kerja di perpus itu cuma duduk manis doank" :D

    --> Makasih ya udah ikutan Library Giveaway! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak, bikin administrasi perpustakaan ribet, ngurutin nomer kode buku itu jg termasuk sulit. Biasanya di perpustakaan-perpustakaan urutan kode bukunya ngacak tak berurutan sehingga menyulistkan para pengunjung.

      Semoga saya beruntung dalam giveaway ini :D

      Hapus
  4. aku juga punya perpustakaan pribadi tapi koleksinya ga nambah-nambah..hihiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat nambah koleksi mbak !! aku juga nambah kalo pas ada rejeki berlebih aja, kalo lagi bokek ikutan giveaway-giveaway lumayan kalo dapet buku :D

      Hapus