Sabtu, 16 November 2013

SEHARI TANPA GADGET ? SIAPA TAKUT !!!


Gadget ? Siapa yang tak tahu dengan gadget ? Aku rasa semua orang tahu itu. Khusunya anak-anak gaul yang mengikuti perkembangan jaman, sudah pasti mereka juga mengikuti perkembangan gadget. Mulai dari hp, i-pad, i-phone, tablet, dan lain sebagainya. Satu orang bisa memiliki banyak gadget, di tangan kanan ada, tangan kiri ada, saku kanan ada, saku kiri ada, bahkan mungkin di dalam tas juga ada. 

Sekarang ini sudah menjadi era gadget. Semua orang mulai disibukkan dengan gadget masing-masing. Bahkan ketika berkumpul dengan teman-teman, setiap orang justru asyik dengan gadget masing-masing. Menurut saya, gadget itu membuat orang yang jauh semakin dekat, tetapi membuat yang dekat semakin jauh. Bahkan muncul istilah autis untuk mereka para pengguna gadget maniak.


Tak bisa dipungkiri, aku pun tergolong orang yang butuh gadget, tapi untung saja aku belum tergolong maniak akut, jadi masih bisa disembuhkan, hehe. Gadget yang selalu saya bawa kemana-mana hanya hp, karena dari hp ada banyak komunikasi yang tejalin, baik dengan keluarga, teman kuliah, ataupun urusan kerjaan. Apalagi bagi mahasiswa yang tinggal di kota rantau, hp menjadi penghubung utama dengan keluarga. Jadi hp sangatlah penting bagiku. 

Seiring berkembangnya teknologi, dari benda kecil ini ia mampu memiliki banyak kecanggihan yang bisa membuat penggunanya kecanduan. Ada banyak pilihan aplikasi yang disuguhkan. Para pecinta game ada banyak pilihan game. Para pecinta fotografi, camera hp sudah semakin canggih. Sekarang pun ada banyak pilihan social media dan messenger, mulai dari facebook, twitter, G+, path, line, kakao talk, wechat, whatsapp, dan lain sebagainya. Jadi tak heran, jika banyak orang lebih asyik di dunia maya ketimbang di dunia nyata, banyak orang lebih asyik bermain dengan gadget-nya ketimbang bermain dengan teman-temannya.

Sehari tanpa gadget ? Siapa takut !!!
Cuma sehari aja kan ? Bisa banget. Ada banyak hal yang bisa dilakuin tanpa gadget.

Baca buku. Nah ini alternatif pilihan yang paling oke. Biasanya sih kalau weekend bingung nggak ada acara, ya agendanya ngumpulin buku-buku seru terus asik baca buku deh. Aku termasuk penggila buku, terutama novel. Jadi kalau bingung nggak ada kerjaan pasti baca buku. Seharian nggak bakal kerasa kalau udah baca buku, jangankan gadget, makan pun bisa lupa.


Masak. Kalau weekendnya di rumah, cocok banget masak-masak bareng ibu. Ibu selalu punya banyak resep seru buat dicobain. Tapi belakangan ini temen-temen kos juga mulai hobi masak, jadi kita suka nyobain menu baru buat dimasak dan dinikmati sendiri, dan hasilnya juga tak kalah dengan masakan ibu :D



Nonton film. Bagi para pecinta film, pasti banyak kan koleksi filmnya, jadi daripada gadget-an aja mending nonton film. Apalagi kalau ada home theatre, wuih ga perlu ke bioskop pun sudah mantap. Terutama mereka para pecinta drama korea, mereka betah berlama-lama di depan layar untuk menyelesaikan banyak episode. Kalau nontonnya rame-rame juga pasti lebih seru.


Itulah pilihan alternatif yang bisa dilakukan. Daripada hari-hari habis dengan dunia maya, lebih baik nikmati hari-hari di dunia nyata. Terutama untuk weekend, karena hari-hari biasanya kita terlalu sibuk, maka sempatkanlah 


*490 kata*

10 komentar:

  1. Penggunakan kata autis bagi mereka pengguna gadget pernah jadi sangat booming. Bahkan jadi persoalan bagi kedua pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aku sendiri sudah pernah dikatain autis mbak sm temen karena keasikan main hp, jd sekarang mulai mengurangi :)

      Hapus
  2. Gadget oh gadget peranmu begitu mendominasi hari-hari ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gadget udh jadi hal utama sepertinya sekarang, tp jgn sampai ketergantungan :)

      Hapus
  3. Wahh, sebenarnya aku termasuk orang yang suka banget main hape kalau lagi merasa bosan dan tidak ada yang bisa dilakuin lagi, tapi aku bisa kok sehari tanpa gadget dan melakukan aktivitas lain bersama yang lain.
    Dan aku paling benci ketika kita lagi ngumpul atau ngobrol ternyata dia malah lebih tertarik dengan bunyi notif smartphonenya dari pada cerita kita,, berasa nggak dihargai. Dan temanku ada yang kayak gitu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget mbak, sebel kalo lagi kumpul-kumpul malah pd asik dengan gadget masing-masing

      Hapus
  4. ah,, serem juga memang pengguna gadget akut sampai dikatakan autis. dan memang tak adil juga bagi mereka yang benar2 dalam keadaan itu.. :)
    apapun itu, gadget bener-bener mendominasi kehidupan kita ya.. tapinya tanpa gadget, masih banyak hal menarik yang bisa dilakukan dongggggg.. :)

    makasih udah ikutan ya.. mbak n mas juri akan datang mencatat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah peran gadget yang sangat mendominasi hidup kita mbak, ada byk manfaat ada byk pula mudharatnya, pinter-pinternya kita menggunakan gadget itu mbak :)

      Iya sama-sama mbak, semoga sy bisa menang, hehe.

      Hapus
  5. Halo mbak Dina... Juri berkunjung untuk mencatat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak sdh berkunjung :)

      *komat-kamit baca mantra keberuntungan biar menang* :D

      Hapus