Selasa, 15 Oktober 2013

YOGYAKARTA

Pulang ke kotamuAda setangkup haru dalam rinduMasih seperti duluTiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgiSaat kita sering luangkan waktuNikmati bersamaSuasana Jogja

Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila

Musisi jalanan mulai beraksi

Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu ...

Walau kini kau t'lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan seyummu abadi
Ijinkanlah aku untuk selalu pulang lagi
Bila hati mulai sepi tanpa terobati

Ini salah satu lagu favoritku, pasti kalian semua tahu lagu ini kan ? Iya betul banget, ini lagunya Kla Project, tapi Ungu juga pernah pake lagu ini. Ketika aku mendengar alunan lagu ini, pikiranku segera menerawang Yogyakarta, kota penuh kenangan. Ada banyak kenangan di kota ini, bahkan terlalu banyak. Kota ini sangat istimewa, bagaimana mungkin aku bisa melupakannya. Ya, malam ini aku merindukan Yogyakarta. Aku merindukan kota ini.

Banyak tempat sudah aku kunjungi, ini tempat-tempat yang pernah aku kunjungi....

Slogan Yogyakarta : Yogyakarta Berhati Nyaman
Slogan Yogyakarta benar, aku selalu nyaman ketika berada di kota ini. Ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi, ada banyak hiburan rakyat yang menarik, serta warga sekitar yang masih sangat santun dalam keramah tamahannya. Jadi pantas saja jika kota ini memiliki slogan "Yogyakarta Berhati Nyaman".

Malioboro
Malioboro, salah satu tempat wisata belanja yang wajib dikunjungi ketika kita berada di kota ini. Siapa saja yang pergi ke Yogyakarta, Malioboro pasti menjadi salah satu tempat yang masuk dalam daftar kunjungan. Entahlah aku sendiri tak tahu mengapa tempat ini selalu ramai. Dari pagi hingga malam tempat ini selalu ramai, terlebih jika weekend atau hari libur. Jika malam hari di Malioboro juga banyak sajian hiburan yang menarik dan unik.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terletak di dekat Malioboro. Dari namanya sudah jelas bahwa tempat ini merupakan peninggalan Belanda. Benteng Vredeburg ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Belanda, namun kini tempat ini dijadikan sebagai museum.

Taman Sari

Taman Sari adalah bekas taman atau kebun Istana Yogyakarta. Tempat ini cocok sekali untuk mereka yang suka dengan hal-hal kuno yang unik. Di beberapa sudut dindingnya terdapat ukiran-ukiran yang menarik. Di tengah-tengah bangunan ini juga terdapat kolam renang, yang konon katanya kolam ini digunakan para puteri Kraton, tapi kalau sekarang ini sudah tak ada puteri yang berenang. Coba saja masih ada, pasti kolam renangnya menjadi tempat tontonan yang paling ramai dikunjungi, hehe. Kebeteulan ketika aku berkunjung ke sini lagi ada bule, yaudah deh diajakin foto aja :D

Alun-Alun Kidul (Alkid)
Alun-alun kidul atau disingkat alkid, merupakan salah satu tempat favorit anak muda. Di sini ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, mulai dari berkeliling alun-alun dengan becak atau sepeda lampu seperti pada foto, sekedar nongkrong di tempat kopi, atau berjalan di antara dua pohon beringin besar yang berada di tengah alun-alun, yang mitosnya mungkin sudah banyak dikenal khalayak umum. Aturan mainnya sangat mudah, kita hanya menutup mata lalu berjalan lurus di antara kedua pohon beringin. Hanya itu, namun ternyata banyak orang yang tidak berhasil. Kita sudah berusaha lurus, namun setelah mata dibuka ternyata kita berbelok ke lain arah. Tentu saja berjalan dengan mata tertutup lebih sulit, karena kita tak bisa melihat obyeknya. Dipercaya, hanya orang yang berhati bersih yang bisa berhasil melewatinya. Dalam pengertian yang lain, permainan ini menyampaikan pesan bahwa untuk mencapai apa yang diinginkan, perlu usaha keras dan perlu menjaga kebersihan hati.

Cangkringan
Cangkringan, merupakan salah satu desa yang termasuk korban meletusnya gunung merapi. Akibat kejadian meletusnya gunung merapi tempo hari, desa ini hancur tak bersisa. Rumah Mbah Maridjan, juru kunci gunung merapi, juga berada di desa ini. Apabila dilihat desa ini sudah seperti kota mati, tak ada bangunan berdiri, pepohonan semua sudah roboh. Tapi, tempat ini justru dijadikan sebagai tempat wisata, karena desa ini justru terlihat menarik. Beberapa posisi rumah tetap dibiarkan, tak ada rumah yang direnovasi di area ini, semua diabadikan agar kita tetap mengingat kejadian meletusnya gunung merapi.

Goa Jepang
Goa Jepang, terletak di Kaliurang. Untuk sampai di pintu goa, kita perlu berjalan sekitar 1 km, lumayan bikin kaki pegel, hehe. Di sini ada banyak goa, tapi sayang sekali ada banyak goa yang sangat kotor dan banyak terdapat kelelawar, akhirnya kami memutuskan untuk tidak melanjutkan ke goa-goa berikutnya.

Borobudur
Borobudur, sebenarnya bukan di Yogyakarta, tapi di Magelang. Namun karena masih di dekat Yogyakarta, aku masukkan saja dalam list tempat-tempat yang pernah saya kunjungi di Yogyakarta, kan startnya dari Yogyakarta :D Aku yakin kalian semua sudah tahu tempat ini jadi tak perlu saya jelaskan secara mendetail.

Ketep Pass

Ketep Pass, merupakan wisata gunung merapi. Di tempat ini terdapat gardu pandang, dari sana kita bisa melihat gunung merapi dengan jelas, jika cuaca sedang baik. Selain itu juga ada museum yang berisi tentang segala macam yang berhubungan dengan gunung merapi, kita juga bisa menonton kejadian meletusnya gunung merapi. Ketep pass, pemandangan di sini sangat indah, jadi tak akan menyesal jika mengunjungi tempat ini.

Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali, atau disingkat Monjali, merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan RI yang ada di Yogyakarta. Tempat ini lebih banyak dikunjungi oleh pelajar, karena ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil di sini.

Taman Lampion
Taman Lampion, dari namanya sudah dapat disimpulkan tempat ini berisi macam-macam lampion. Ada banyak lampion cantik yang bisa dijadikan objek foto. Jadi tempat ini sangat cocok bagi para pecinta foto atau kaum narsis, hehe. Jangan lupa membawa kamera yang bagus, supaya hasil gambarnya sempurna.

Gembira Loka
Gembira Loka, merupakan kebun binatang yang ada di Yogyakarta. Ada berbagai macam hewan di sini, namanya juga kebun binatang :D

Telogo Putri, Kaliurang
Telogo Putri, masih berada di kawasan Kaliurang, merupakan air terjun. Sayang sekali aku datang waktu kemarau, jadi debit air terjunnya sangat sedikit.

Menatap Gunung Merapi dari puncak tertinggi Kaliurang
Masih dekat dengan area telogo putri, kita berjalan kaki sekitar 1 km, kita bisa melihat puncak gunung merapi, lagi-lagi jika cuaca sedang baik. Saat aku sampai puncak, gunung merapi masih belum bisa terlihat, karena ada awan yang menutupi. Hingga beberapa menit akhirnya awan bergerak, jadi gunung merapi dapat terlihat, walaupun tak begitu jelas, setidaknya aku sempat mengabadikannya :D

Universitas Gajah Mada
Universitas Gajah Mada atau UGM, merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia, jadi aku menyempatkan diri mampir ke sini ditemani oleh teman-temanku.

Waduk Sermo
Waduk Sermo, merupakan bendungan yang terletak di kabupaten Kulon Progo. Dari pusat kota Yogyakarta, butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke tempat ini. Meskipun jarak yang ditempuh begitu jauh, sebanding dengan pemandangan indah di sana. Di sini juga ada perahu yang dapat digunakan berkeliling waduk.

Pantai Baron
Pantai Baron, terletak di Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta kita perlu waktu sekitar 1,5 jam untuk ke tempat ini. Suasana pantai masih sangat indah dan terdapat banyak tebing di sini.

Pantai Krakal
Pantai Krakal, letaknya masih dekat dengan pantai Baron. Di sini pantainya lebih luas, pasirnya masih putih bersih. Kebetulan ketika ke sini sedang sepi pengunjung, jadi suara debur ombak begitu jelas terdengar, begitu tenang. Di Gunung Kidul ada banyak pantai indah lainnya, tapi aku belum sempat mengunjungi satu persatu. Suatu hari nanti aku ingin menelusuri setiap pantai yang ada di Gunung Kidul :)

Sunset di Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis, siapa yang tak kenal tempat ini, jika dibandingkan kedua pantai di atas, pantai ini terhitung lebih dekat dari pusat kota Yogyakarta. Aku datang saat sore, jadi sekaligus menikmati indahnya sunset di sini.

Aku memiliki banyak kenangan di kota ini, meskipun ada beberapa kenangan yang tak ingin kuingat di sana, tapi aku tak akan pernah bosan berkunjung ke kota ini. Yogyakarta, tempat berlibur yang begitu menyenangkan. Masih ada banyak tempat wisata yang belum pernah aku kunjungi, dan aku harus ke sana. Yeay ^^