Minggu, 06 Oktober 2013

PEKAN BATIK INTERNASIONAL




Pekan Batik Internasional merupakan event yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah kota Pekalongan dalam rangka memperingati Hari batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Tahun ini, Pekan Batik Internasional berlangsung pada tanggal 2 - 6 Oktober di Kawasan Jetayu Kota Pekalongan, bertemakan “Batik Mencipta Citra Budaya dan Ekonomi Bangsa”. Pekan Batik Internasional diikuti oleh 11 negara, 15 provinsi dan 10 kabupaten/kota

Menurut saya acara yang paling meriah adalah karnaval batik yang dilaksanakan hari sabtu, 5 Oktober 2013. Meskipun acara ini dilaksanakan pada siang hari, peserta karnaval tetap terlihat semangat, begitu pun dengan penonton yang sangat antusias menunggu karnaval sejak pukul 12.00. Ini dia hasil jepretan saya, hanya bermodalkan handphone, dan tanpa editing ataupun croping.











































































































Gimana ? Keren-keren kan batiknya ? :) 
Banyak di antara peserta karnaval batik merupakan murid saya PPL, jadi ada kebanggan tersendiri, hehe.
Bagi yang ingin nonton langsung, tahun depan silakan berkunjung ke kota Pekalongan. Selain acara karnaval batik juga ada serangkaian acara lainnya, mulai dari tari-tarian, pementasan sendra tari, musik, serta berbagai macam lomba. Yang sudah pasti ada stand pameran batik, stand perwakilan provinsi dan kabupaten, stand kuliner, serta stand perwakilan instansi-instansi yang ada di Kota Pekalongan. Selain itu kita juga bisa berkunjung ke museum batik, yang berada di dekat area Pekan Batik Internasional ini, di sini ada berbagai macam batik yang dipamerkan, kita juga bisa berlatih membuat batik di sini. Jadi tidak akan menyesal kalau berkunjung ke Pameran Batik Internasioal, dijamin amazing :)

Mau pamer foto yang ada akunya juga boleh ya :D




Batik memilki nilai seni yang sangat tinggi. Batik adalah salah satu mahakarya Indonesia, jadi benar-benar harus dijaga dan dikembangkan semaksimal mungkin. Salah satu tujuan dari penyelenggaraan event ini sebagai upaya melestarikan dan memperkenalkan Batik kepada dunia Internasional. 

Bagi kalian yang berkunjung ke kota Pekalongan, jangan lupa foto di tempat ini, karena tulisan batik ini merupakan salah satu icon kota Pekalongan. Letaknya ada di area Pekan Batik Internasional. Kebetulan ini foto lama, tapi baju yang saya pakai ternyata sama :D


4 komentar:

  1. keren sekali batiknya.. jadi pengen punya..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen punya batiknya apa pengen punya modelnya ? #eh :D

      Hapus
  2. Event yang bagus sekali ya kak. Biar batik pekalongan semakin terkenal. Secara sekarang batik bogor sudah mulai terkenal lho. Tadi malam saya melihat liputannya di tv swasta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini event tingkatnya udah internasional :)

      Hapus