Minggu, 28 April 2013

AKU TELAH MENANGKAP 'JATUH'


Aku telah menangkap 'jatuh' pada hari Kamis, 25 April 2013. Seketika itu juga langsung kubuka dan kubaca, dan selesai dalam waktu singkat. Bahkan berulang kali dibaca tak membuatku bosan. Sebenarnya yang ada dalam buku ini beberapa sudah kubaca melalui blog azharologia.com atau azharologia.wordpress.com, tapi ternyata tak kurasa ada kebosanan. Aku suka dengan kata-kata yang bung Azhar torehkan. Terima kasih bung sudah menginspirasi :)



DIAM

Dalam diam, tak selalu ada rintih yang dibungkam. Tak melulu ada dendam yang diredam.

Dalam ranah sunyi yang disebut diam, jenak-jenak waktu cuma milik jiwamu. Sendiri dan tak terbagi. Tempat berjuta kearifan tumbuh merdeka tanpa diterka.

Air yang menggenang tenang tak mesti jadi busuk. Bila ia bersih, diamnya bersama waktu akan bahu membahu membuatnya jernih. Jadilah ia kesegaran yang menghidupkan.

Sebatang pohon angsana tak pernah berpindah dari akar tumbuhnya. Tapi ia berdaya, menyulap karbon dioksida jadi oksigen. Maka hiduplah burung-burung, anjin, kucing, rusa, juga tentu manusia. Kehidupan yang menghidupkan.

-diam tak melulu soal kepecundangan.

Pada momentum tertentu, diam adalah melakukan. Adalah merekam. Adalah mengalami.


KADANG

Kadang kita tidak butuh jawaban. Tidak butuh penjelasan. Hanya ingin bercerita. Hanya ingin didengar. Hanya ingin bercengkrama. Hanya ingin bercanda.

Kadang kita menipu diri sendiri. Memutar balik. Alasan menjadi akibat. Akibat menjadi alasan. Hanya ingin dekat. Dan resah bila jauh. Dan rindu. Dan kurang. Dan hampa.

Kadang kita ingin berucap. Hanya ingin menatap. Hanya ingin tentram. Dan sejuk. Dan syahdu. Dan indah.

Kadang kita tersenyum. Bukan karena menahan tawa, Bukan karena lucu.Hanya karena saat-saat itu begitu kita nikmati. Dan senyum adalah bentuk penghayatan paling dalam yang bisa kita lakukan.


Dalam hidup, yang berhak jatuh hanya hati - Azhar Nurun Ala

Terus berkarya bung, ditunggu untuk buku-buku selanjutnya :)
Semoga suatu saat isi blog saya ini juga bisa dibukukan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar